Sunday, April 29, 2012

Misteri Aneh Dibalik Lagu Bohemian Rhapsody - Queen

Sunday, April 29, 2012


Sejarah singkat bohemian rhapsody :


Lagu Bohemian Rhapsody ini di tulis oleh vokalis Bang Queen, Freddie Mercury pada tahun 1975 dalam albumnya A Night At The Opera. Lagu ini di tulis di rumahnya yang berada di Holland Road, Kensington, London barat. Sang Produser, Roy Thomas Baker menceritakan tentang pembukaan lagu dengan gaya Ballad ini, dia berkata "Dia memainkan permulaan lagunya dengan piano, lalu berhenti dan berkata ' Inilah saat bagian opera muncul'

Gitaris Brian May mengatakan bahwa lagu ini sangat menarik dan asli. Menurut May, lagu ini sudah ada dalam pikiran Freddie. Seorang Pemusik, Sheyla Whiteley, mengatakan "Judul akan menarik ideologi musik rock kontemporer, dengan individualisme dan pemusik Bohemian (sebuah gaya hidup yang tidak biasa, biasanya orang yang suka berpikir, termasuk lagu dan artistik.).

Rekaman mulai di Rockfield Studio 1 dekat Monmouth pada tanggal 24 Agustus 1975, setelah latihan 3 minggu di Herefordshire.
setelah beberapa saat, setelah di rilis, lagu iu menjadi sangat terkenal.
Inilah lagu yang bisa dibilang Menggambarkan Ritual Bohemian Grove.


Misterinya 

- Struktur

Lagu yang sangat misterius ini menyimpan berbagai unsur aneh dalam isinya. Dalam Komposisi lagunya, bisa dbilang lagu ini aneh. karen aterdiri dari Intro, Ballad, Gitar solo, Opera, Hard Rock, dan Outro. Sedangkan, lagu ini juga tidak memiliki Chorus yang biasanya ada dalam setiap lagu.

- Nada

Jika dilihat dari nada lagu, dengan perubahan dari intro dan ballad yang merupakan lagu bertema kesedihan berubah menjadi gitar solo yang sedikit berubah drastis, dan pindah ke opera, nah disinilah, awal dari lagu yang menggambarkan kesedihan berubah jadi bernada rock. Pada saat quatro nada lagu kembali merendah. Jika digambarkan maka akan menjadi lagu sedih yang berubah menjadi lagu kesenangan dalam sekejap saja, yang dimulai saat kata "I see a silhouetto of a man" maka mulailah nada lagu ini berubah drastis.

- Lirik

Di lirik inilah lagu ini menjadi sangat misterius.
Jika kita lihat dari awal lagu, maka dari kata-kata "open your eyes, look up to the skies and see" ini bisa dibilang adalah kesadaran dalam menyadari konspirasi dalam dunia ini. lalu kata "i'm just a poor boy" nah, karena dari open your eyes sampai poor boy menyambung, maka bisa dibilang lirik lagu ini sangatlah aneh dan berbeda.

kan aneh jika dari membuka mata tiba-tiba saya adalah anak yang miskin. Lalu, di lirik yang "I see a silhouetto of a man" kenapa harus silhuetto?? padahal kata dasarnya adalah silhoutte, tapi cukup bisa di maklumi karena jika memakai silhoutte akan tidak enak nadanya, tapi yang berikutnya dalam kata "scaramouch, scara mouch will you do the fandango"

pada lirik ini, kata-kata scaramouch berdasarkan kata scaramaucci atau scaramouche yang berarti pemusik yang seperi badut memakai topeng, dan Fandango berarti sebuah tarian bangsa spanyol dan portugis.

muncullah pertanyaan "Kenapa mereka memakai nama spanyol padahal mereka kan Band Inggris?" itulah pertanyaan saya.

Berikutnya adalah kesinambungan dai lagu yang berlirik "Thunderbolt and lightning very. very frightening me" nah karena nada ini menyambung pada fandango, maka cukup aneh pada bagian dansa tiba-tiba terjadi sesuatu yang menakutkan.

Tiba-tiba pada lirik berikut muncul kata "Galileo, galileo, galileo figaro, magnificoo.oo.o."
ini juga tidak nyambung dengak ketakutan pada kata sebelumnya. lalu kenapa harus Galileo? inilah yang membuat saya cukup bingung. lagipula arti dari kata Figaro dan Magnifico masih misterius, setahu saya, Figaro adalah nama lagu yang dimainkan "Brotherhood of man" dan Magnifico adalah seorang penyanyi asal Slovenia.

Lirik misterius berikut adalah bagian "Bismillah" yang sangat misterius, apakah pada alur cerita dia sdang memohon? lalu ada kata " mamamiamamamia mama mia let me go" ini bisa jadi adalah anak dalam cerita lagu sedang biacara pada ibunya. dan dijadikan kata mamamia agar cocok dengan nada lagu.

-Alur Cerita Lagu

- Dari awal lirik lagu, bisa dikatakan misteri ini adalah tentang orang miskin yang membunuh orang. Akibatnya dia dihukum dan kemudian menulis pesan kepada ibunya. Tapi dia meminta pengampunana atas dasar kemiskinan, Dia menginginkan hanya Tuhan yang menghukumnya bukan masyarakat.


- Sama seperti diatas tapi kali orang yang diceritakan dalam lirik lagu terbaik queen ini malah mengelak dia telah membunuh. Dengan menggunakan istilah jalanan : “menari” (will you do a fandango). Bahkan perbuatannya dituduhkan hasil jebakan dari Setan Beelzebub.


- Sama seperti 2 paragraf diatas. Tapi orang ini tidak ingin dikasihani, bisa anda temukan artinya di lirik “I need no sympathy”. Dan kemudian dia membaca mantra bahkan doa supaya lolos dari hukuman mati.

- Lagu bohemian rhapsody ini menceritakan tentang Freddy Mercury sendiri. Lirik “just killed a man” bisa juga diartikan membunuh dirinya sendiri. Mungkin ini ketakutan vokalis Queen terhadap kenyataan dia adalah homoseksual, yang era 70-an dapat dihukum mati.


- Tapi ada sebagian juga yang mengatakan, lirik lagu yang mengandung sejuta misteri ini diciptakan hanya untuk mencocokkan dengan musiknya saja. Atau dengan kata lain tidak ada maknanya sama sekali.


- Seorang anak yang bersedia untuk mengorbankan dirinya untuk ritual bohemian grove tapi ketakutan, dan pada kata "I see a Sillhuoetto of a man" sudah dimulai ritual tersebut, dan pada saat bilang bisamillah anak tersebut menolak ritual itu. Dan ini berarti perlawanan sang anak, dan akhirnya percuma saja.

- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang miskin (I am just a poor boy) yang akan dihukum mati (Open your eyes Look up to the skies and see) untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya yang konon karena membunuh (just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Tapi dia tidak ingin ada orang yang kasihan kepadanya (I need no sympathy). Dan kemudian dia membaca mantra(bisa jadi bagian Opera itu adalah mantranya) agar dibebaskan dari hukumannya. Dia meminta pertolongan dari Allah(Bismillah) sampai ke setan(Beelzebub).


- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang akan dieksekusi mati karena telah membunuh seseorang. Ia menuliskan/menceritakan pesan terakhirnya kepada ibunya sendiri untuk menjelaskan kondisinya sekarang (Mama.. just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now hes dead, Mama.. life had just begun, But now Ive gone and thrown it all away).

- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan seseorang yang miskin(I am just a poor boy) yang depresi yang kemudian membunuh seseorang, dan menceritakan kepada ibunya sendiri (Mama..just killed a man, Put a gun against his head, Pulled my trigger,now his dead). Dan tentunya dia harus mempertanggung-jawabkan semuanya. Kemudian dia meminta pengampunan dengan alasan dia miskin dan depresi yang berlebihan. dia ingin hanya Tuhan saja yang menghukumnya, bukan masyarakat. Dia kemudian mencoba membantah bahwa dia telah membunuh seseorang, dengan menggunakan istilah“menari” (will you do a fandango). Dan memanggil setan(Beezelbub) dalam dirinya sebagai alasan lain. Namun nampaknya dia tidak memperoleh kemudahan, karena bagaimanapun dia tidak boleh lepas dari kenyataan yang ada (no escape from reality) dan harus mempertanggung-jawabkan perbuatan yang telah dia lakukan.

- Bohemian Rhapsody adalah lagu yang menceritakan realita atau ramalan dari kehidupan Freddy Mercury sendiri. Bahwa kata “just killed a man ” dalam lirik tersebut mungkin diartikan bahwa dia membunuh orang lain, atau membunuh dirinya sendiri(dia menyadari bahwa umur dia tidak lama).  Freddy Mercury adalah  seorang homosexual yang bisa dikatakan pada masa dia(sekitar tahun 70an) dapat dieksekusi mati, atau ramalan tentang penyakitnya(Freddy menderita AIDS dan meninggal karena itu). Yang kelak menjadi penyebab kematiannya.

Videonya


10 comments:

  1. Fans berat ne kayaknya?? baru tau aku misteri lagu ini. Memang agak aneh kalo dengerin lagunya. berubah-ubah baik lirik, nada dan intonasinya. Komplet segala suasana semuanya tertuang di lagu ini. BRAVO...!!

    ReplyDelete
  2. gak terlalu fans juga sih hehe
    queen emang suka berubah", kaya rock and roll

    ReplyDelete
  3. Beneran nih kaka jadi merinding soalnya drumband lagunya bohemian rhapsody jg

    ReplyDelete
  4. lagu ini kisah dari fredie mercury sndiri. ini ditulis setelah ia tau positiv hiv. tetapi hnya dia sndri yg tau dan tdk di bocorkan pd siapapun trmasuk kekasih dan tmn2nya.
    dia tau klo hiv tdk bisa disembuhkan dan dipastikan kematian.
    poor boy bukan pria miskin, tetapi pria yg mnyedihkan.
    scharamouche itu seorang tokoh yg dlm kisahnya yg slalu beruntung mskipun dlm situasi seburuk apapun (klo dijawa mgkin tokoh dlm cerita wayang tp gk tau jg hehe). fandango itu ajaib yg artinya dsini ke arah kberuntungan. jd mksdnya si scaramus itu akankah bisa mlakukan sswtu yg "ajaib" lagi. artinya bisakah dia beruntung mlawan hiv.

    ReplyDelete
  5. Salah satu ciri karya yang bagus adalah karya yang banyak diperbincangkan orang.

    Queen udah sukses nih sampai lagunya ini jadi salah satu meisteri yang banyak diperdebatkan orang.

    ReplyDelete
  6. Ane nambahin gan
    kalo menurut ane,ini lagu ceritanya orang miskin yang ngebunuh orang karena terjerumus godaan setan...

    "mama,i just killed a man
    put a gun against his head pulled my trigger now his dead'
    di lirik ini kalo kata ane dia nulis surat buat emaknya dirumah,karena dia lagi dipenjara

    "mama,life had just begun,but now i've gone and thrown it all away"
    di lirik ini kalo kata ane,dia itu masih muda,tapi dia udah ngehancurin semuanya,padahal masa depannya masih panjang

    "mamaaa hooo,didn't mean to make u cry, if i'm not back again this time tomorrow,carry on carry on,as if nothing really matters"
    di lirik ini masih nulis surat kayanya gan,tapi masih blom diputusin sama hakim dia akan dihukum mati apa ngga

    "too late,my time has come,sends shivers down my spine , body's aching all the time"
    nah di lirik ini, dia mau dihukum mati,hakim udah memutuskan

    "good bye everybody i've got to go,gotta leave you all behind and face the truth"
    kalo di lirik ini kayanya ini udah di tempat eksekusi,dan keluarganya dateng untuk ngejenguk/ngelihat dia terakhir kalinya

    "mamaa hooo,i don't want to die , i sometimes wish i'd never been,born at all!"
    *ini bagian yang ane paling sedih gan,tiap denger bagian ini pake headset,ane langsung merinding :'(*
    di lirik ini kalo dibayangan ane dia ngomong begitu di depan emaknya

    bagian opera pass ya,ane ga ngerti,hehehe
    tapi kayanya Galileo itu maksudnya kaya kehidupan Galileo kali gan yang ga adil,ane baca di mana gitu

    "i'm just a poor boy no body loves me"
    ini kayanya dia ngomong ke eksekutor/sipir
    "he just a poor boy from a poor family,spare him his live for this monstrosity"
    dan keluarganya ngebantu

    "will you let me go?"
    kata dia ke eksekutor/sipir

    "bismillah! no! we will not let you go!
    bismillahnya ane ga ngerti,tapi we will not let you go nya pasti kata eksekutor atau sipirnya

    "let him go"
    pasti kata keluarganya

    dst

    "so you think you can stop me and spit in my eye?!"
    kalo di bayangan ane dia ngeberontak gan ke eksekutor/sipir

    "so you think you can love me and leave me to die?!"
    kalo ini kayanya dia ngomong ke keluarganya

    "ooh baby,can't do this to me baby"
    yg ini ngomong ke semuanya kayanya

    "just gotta get out,just gotta get out of here!"
    di bayangan ane,ini dia udah ngelewatin para eksekutor dan para sipir di deket situ

    nah kan solo guitarnya pas pertama2 nadanya tinggi tuh gan
    itu kayanya dia lagi lari mau keluar gitu kalo dibayangan ane

    dan pas guitar solo nadanya ngelembut dan di barengin dengan piano, di bayangan ane dia ketangkep lagi sama para sipir,dan pas nada benar2 ngelembut kayanya di bayangan ane,dia lagi di seret balik ketempat eksekusi gan

    "nothing really matters,anyone can see,nothing really matters,nothing really matters,to mee"
    pas nothing really matters kayanya maksudnya dia mati juga gak masalah buat dia,toh dia hidup juga miskin dan ga punya apa2,dan di lirik itu di bayangan ane kayanya dia udah diiket dan di dudukin ke kursi listrik kayanya

    pas mau di strum langsung deh dia ngomong
    "anyway the wind blows...."

    ohiya gan,di bayangan ane dia dihukumnya pake kursi listrik,mungkin juga "Thunderbolt n lightning" di bagian opera itu maksudnya kursi listrik

    ReplyDelete
  7. Wah keren om .. iyajuga hehehe 😁

    ReplyDelete

Hamzah's Blog © 2014